Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Memasang Meta Description Artikel Dan Blog di Blogger


cara memasang meta tag description di blog
Banyak hal yang dilakukan para blogger profesional untuk membuat blog mereka ramai pengunjung, salah satunya adalah dengan cara memasang meta description. Meta description sangat penting untuk blog, sebab meta description adalah suatu deskripsi singkat yang menjelaskan tentang blog kita. sebelelun saya membahas tentang Cara mudah memasang meta description artikel dan blog, terlebih dahulu silahkan kalian fahami apa itu meta description.


Meta description adalah suatu bagian dari meta tag yang berisikan informasi atau deskripsi singkat untuk mendiskripsikan suatu halaman web. Meta description letaknya berada di bagian <head> dan ditampilkan dalam hasil pencarian oleh mesin pencari.

Ada 2 jenis meta description dalam suatu situs, yaitu meta description otomatis dan meta description manual. Dalam 2 jenis, meta description ini meta description otomatis tidaklah lebih bagus dari meta description manual. Meta description manual jauh lebih menarik minat para pembaca blog.

Dalam hal rangking blog di google, meta description bukan suatu faktor penentunya. tapi meta description akan menjadi medi untuk mempromosikan dan mendeskripsikan blog kita agar pera penguna internet tertarik untuk membaca dan mengklik blog kita.

Agar dapat menarik perhatian pembaca, meta description harus berisi kata-kata unik dan menarik agar dapat menarik minat pembaca dan menggunakan jumlah karakter deskripsi sekitar 140 - 160. untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah.

cara memasang meta tag description di blog Saran dari saya untuk masang meta description kalian lebih dari 140 karakter, karena kalu kalin memasang kurang dari 140 karakter, maka semua deskripsi kalian akan terlihat semua. Sedangkan, apabila meta description dengan jumlah karakter 160 karakter itu akan ada sebagian kata yang akan hilang. Sebaiknya, tulislah meta description anda dengan jumlah karakter sekitar 147 - 150 saja.

Cara memasang meta description manual

Cara memasang meta description pada blog di blogger :

Hal ini sangat mudah dilakukan karena tidak memakai kode-kode yang terkesan ribet, dan gak jelas bagi para newbie. Jika anda tidak memasang meta description pada homepage blog diblogger, maka anda tidak bisa membuat atau menulis meta description secara manual maupun otomatis.

1. Masuklah ke blogger dan dasbor anda.

2. Pilih menu "Setelan" dan akan muncul 6 submenu di menu Setelan. Lalu klik "Preferensi Penelusuran".

3. Pada bagian Tag Meta, aktifkan deskripsi dengan cara klik "Edit"

4. Pilih "Ya" dan silakan kalian tulis deskripsi untuk homepage blog anda.

5. Dan terakhir, klik "Simpan Perubahan".

Cara memasang meta description pada postingan artikel blog di blogger :


Hal ini dilakukan, setiap kali menulis potingan artikel blog dan dilakukan secara manual.

Ketika kalian menulis artikel blog, bisa di lihat disebelah kanan haman posting ada deskripsi penelusuran. Silakan pilih "deskripsi penelusuran", tulislah deskripsi artikel blog. Jika sudah selesai, silakan klik "Selesai"

Cara memasang meta description otomatis

Seperti yang kita bahas diatas, bahwa meta description otomatis tidaklah lebih bagus dari meta deskription manual. maka dari itu, saya lebih menyarankan untuk memasang meta description manual. Tapi, jika kalian tidak mau repot memasang meta description manual, maka saya akan tunjukan cara untuk memasang meta description otomatis.

Sebelum dimulai, anda harus memastikan bahwa anda sudah mengaktifkan meta description di submenu Prefensi Penelusuran (caranya ada sudah dijelaskan diatas).

1. Masuklah ke blogger dan dasbor anda.
2. Pilih menu "Tema" atau "Template" dan klik " Edit HTML".
3. Silakan anda cari <title> dan letakan kode berikut ini dibawahnya.
<meta expr:content='data:blog.pageName + &quot; dari blog &quot; + data:blog.title + &quot; dengan judul &quot; + data:blog.pageName' name='description'/>
4. Jika sudah, klik "Simpan template".

Itu tadi Cara memasang meta description pada artikel dan blog semoga bermanfaat. Jika masih ada yang belum jelas dan ingin ditanyakan, silahkan tulis dikolom komentar
Kang Wafiq
Kang Wafiq Saya adalah seorang mahasiswa gabut dan yang suka otak-atik gadget dan internet.

Post a Comment for "Cara Mudah Memasang Meta Description Artikel Dan Blog di Blogger "