Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Seo Untuk Blogger Pemula

Sebenernya saya juga blogger pemula. Tapi setidaknya disini saya sudah melakukan percobaan dan melakukan reset tentang tips SEO, dan tips SEO tersebut sudah saya praktekkan di blog ini. oleh sebab itu saya juga akan membagikan tips tersebut kepada kalian.

Jadi kalau kamu sudah atau baru punya BLOG (sama sekali baru dalam dunia nge-blog), sekarang saatnya membuat Blog-Mu di baca orang lain. Sebab kalau Blog tidak dibaca orang lain, berarti sama saja kaya buku harian dong!

Jika blog kita berguna bagi orang lain niscaya akan mendatangkan manfaat finansial bagi pemiliknya. Teorinya sederhana saja. Uang adalah manifestasi alami. Kalau kamu dirasa banyak membantu orang lain baik secara online maupun offline, niscaya rejeki datang menghampiri. Contohnya saya, suka nolongin 'bokap' ngetikin surat-surat buat kelurahan, eh... dari mulut ke mulut ahirnya banyak juga client datang ngasih order ngetik. Lumayan buat nge-net di warnet.

Kalau Blog kamu ramai dikunjungi orang, kamu bisa menghasilkan uang. Gak percaya?. Pada tulisan yang lain, saya membahas tentang "menghasilkan uang lewat blog".

Sekarang point ke "Bagaimana Membuat Blog Yang Baik dan Mudah ditemukan orang lain". Nah, ini bagian terpenting dari tema blog ini. Mari baca selanjutnya!

Nama Blog / Domain Yang Relevan Dengan Content

Dalam kasus SEO (Search Engine Optimization), nama situs atau blog sangat mempengaruhi dalam pencarian search engine. Sebagai contoh, jika kamu membuat blog dengan tema "Kiat Merangkai dan Berbisnis Bunga", maka usahakan kamu membuat nama blog seperti rangkiabunga.blogspot.com, atau Cara-merangkai-bunga.blospot.com. Yang pasti, jauh lebih baik memasukan salah satu kata kunci terkait dalam nama blog/domain dari pada anda membuat penamaan aneh seperti misalnya eekkuda.blogspot.com.

Descripsi Blog Yang Relevan Dengan Niche Blog

Kebanyakan Search Engine akan menampilkan isi dari deskripsi itu dari tiap-tiap hasil indexing. Dalam kasus ini, kamu bisa membuat deskripsi seperti "Cara merangkai bunga untuk sang pacar, pengantin, pernikahan, dekorasi, bisnis dan bagaimana memasarkannya secara online maupun offline" (ini sekedar contoh saja). Usahakan descripsinya menarik dan menggambarkan tetang isi dari blog anda sehingga orang akan merasa menemukan apa yang mereka cari.

Juga upayakan untuk memiliki 30 kata yang mengandung kata kunci (tanpa diulang-ulang) atau kurang lebih sekitar 200 karakter.

Dalam hal ini, kata kuncinya adalah "cara merangkai bunga, bunga untuk sang pacar, bisnis bunga, rangkaian bunga, bunga untuk dekorasi, dekorasi pesta, pernikahan, bunga tujuh rupa, tips bisnis bunga, cara pemasaran".


Judul Blog Yang Menarik

Beri judul blog kamu yang sesuai dengan nama, deskripsi dan isi artikelnya. Misalnya, kamu boleh kasih nama blog kamu "Kiat Merangkai dan Berbisnis Bunga", atau "Tips Merangkai bunga
untuk bisnis dekorasi pesta", dan sebagainya.

Artikel atau Kontent yang relevan dan menarik

Berusahalah mengisi artikel relevan dengan tema yang sudah kamu buat. Apa jadinya kalau kamu sudah buat tahapan seperti di atas tadi lalu kamu ngisi artikelnya ngelantur, dan banyak kesalahan dalam menilim lrtikel, malah membicarakan tentang krisis BBM atau "kisah sedih di hari Minggu", pasti pembaca kecewa begitu juga search engine.

Juga, kamu harus memposting artikel sebanyak mungkin. Kalau bisa sih (tidak harus) memposting satu artikel setiap hari. Ini lebih baik. Ibaratnya, "mending mandi tiap hari dua kali dari pada mandi 100 kali sebulan sekali".

Logikannya, kalau orang tau bahwa artikelmu ditambah setiap hari, pasti mereka senang dan akan setia menanti artikelmu yang bagus dan terus ter-update. Begitu juga si mesin Search Engine.

Tapi, ingat bahwa yang ingin baca artikelmu adalah "manusia", bukan "search engine". Jadi pastikan kamu buat blog atau situs untuk manusia dan bukan untuk mesin.

Nah, Itu tahap awal buat kamu untuk menyesuaikan blog-mu buat kebutuhan orang lain dan promosi yang lebih baik dan efisien. Sebab, jika blog-mu berisi informasi berguna, padat, usable, ter-update terus, dan banyak dicari orang, bisa jadi blogmu akan ditampilkan sama Google mana kala seseorang mengetikan kata kunci tertentu. Itu berarti kamu gak perlu susah payah promosi.

Saya kasih tau, apa yang disukai oleh Google adalah sebuah situs atau blog yang kaya akan informasi, natural, padat, orisinil, updated, dan usable. Tegasnya, buatlah tulisan orisinil buatan anda sendiri (bukan contekan) dengan menyesuaikan seperti di atas.

Kunjungi terus blog ini dan nikmati artikel-artikel terbaru seputar SEO - sesuatu yang membuat blog anda lebih menghasilkan keuntungan.
Kang Wafiq
Kang Wafiq Saya hanyalah seorang mahasiswa gabut yang hobi otak-atik gadget dan internet.

1 comment for "Tips Seo Untuk Blogger Pemula"