Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Kesalahan Utama Saat Menulis Artikel di Blog

beberapa kesalahan saat menulis artikel blog
Kesalahan Menulis Artikel di Blog – Blog adalah salah satu media bagi kita untuk menyampaikan informasi melalui sebuah tulisan. Ironinya, banyak dari blogger pemula yang hendak masuk ke dunia blogging gagal karena ketidaktahuan mereka terhadap dunia kepenulisan itu sendiri. Berawal dari fakta itulah mestinya kita mulai belajar tentang cara menulis yang sederhana, tapi memiliki makna yang kuat sehingga pesan yang ada di dalamnya mudah untuk tersampaikan kepada pembaca.
kesalahan menulis

Beberapa kesalahan umum yang paling sering dilakukan oleh blogger ketika menulis di blog, diantaranya yaitu.

1. Informasi kurang tegas.

Ketika kita ingin menyampaikan sebuah informasi, seharusnya kita memiliki data yang valid terkait apa yang ingin kita sampaikan. Dukungan data yang akurat akan membuat sebuah tulisan menjadi berisi dan kaya informasi. Jangan sampai kita asal menulis tanpa mengetahui apa yang sebenarnya ingin kita sampaikan. Sehingga, para pembaca akan kebingungan untuk memahami informasi yang kita sampaikan.

2. Tidak kronologis.

Alur penyampaian informasi yang yang kita sampaikan harus teratur. Mengapa? Karena dengan alur yang baik akan memudahkan para pembaca untuk memahami isi bacaan yang kita tulis. Mereka seakan larut dalam bacaan sehingga proses transfer informasi berjalan lebih mudah. Maka dari itu, sebuah tulisan harur diawali dengan pengantar, lalu tuliskan inti pesan yang disampaikan, dan diakhiri dengan kesimpulan sebagai penutup.

3. Terlalu banyak tulisan.

Jangan pernah berpikir jika semakin banyak tulisan yang dipaparkan akan semakin mempermudah pembaca untuk memahami sebuah pesan. Terlalu banyak kalimat justru akan membuat pembaca menjadi jenuh dan enggan untuk meneruskan membaca. Akibatnya, mereka menjadi tidak fokus dan lupa dengan inti bacaannya. Jadi, buatlah tulisan yang seringkas mungkin dengan tetap mempertahankan inti dari tulisan tersebut. 300-1000 kata adalah jumlah ideal untuk sebuah posting blog.

4. Alay.

Blog memang sarana untuk berekspresi. Kita bebas menuliskan apa saja yang ingin dibagikan kepada banyak orang selama tidak melanggar hukum dan norma, termasuk gaya kepenulisannya. tapi kita juga harus mencoba untuk menggunakan tata bahasa yang baik saat menulis untuk memudahkan para pembaca dalam memahami tulisan kita. Jika disuruh memilih, tentu akan lebih mudah memahami isi bacaan yang ditulis formal daripada bacaan alay bukan? Selain itu, gaya kepenulisan juga menunjukan tingkat kedewasaan penulis di mata para pembacanya.

Menulis artikel itu hal yang mudah. Selagi kita tekun dan terus memperbaiki kesalahan kita, keterampilan menulis pasti akan mudah untuk kita kuasai. Cobalah untuk menulis seolah-olah kita sedang berbicara kepada para pembaca, lalu lihat hasilnya.
Kang Wafiq
Kang Wafiq Saya adalah seorang mahasiswa gabut dan yang suka otak-atik gadget dan internet.

2 comments for "4 Kesalahan Utama Saat Menulis Artikel di Blog"