Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengecek Dan Mengetahui Kecepatan Loading Blog (Website) Anda

cara cek kecepatan loading blog Blogger Ahli - Seringkali pengunjung blog males mengunjungi situs atau blog yang loading blognya relatif lama. walaupun kelihatannya cuma 5-6 detik, tapi waktu segitu untuk ukuran loading blog termasuk kategori lemot. Dan orang yang ingin berkunjung ke blog kita mengurungkan niatnya dan pindah mengunjungi blog lain. Loading blog yang lambat akan mengecewakan pengung blog dan juga akan menghilangkan page viewer.
Bagi situs atau blog yang punya loading cepat pasti akan mendatangkan banyak pengunjung blog dan disukai oleh mbah google. Maka dari itu, anda harus mengetahui berapa kecepatan loading blog kita.

Berikut ini adalah cara mengecek dan mengetaui kecepatan loading blog atau website anda :

1.Google Pagespeed Insights :

Di Google pagespeed insights terdapat 2 jenis pengujian, yaitu kecepatan blog atau website pada perangkat seluler dan dekstop. Biasanya kecepatan blog/website pada perangkat seluler lebih lambat dibandingkan di perangkat dekstop.

Kecepatan yang akan ditampilkan ini dinilai dari 1 - 100. Semakin tinggi skornya maka semakin cepat juga loading blog atau website kita. Kecepatan loading blog atau website dianggap normal jika skornya 75 keatas. Dan kecepatan loading blog/website dianggap baik setidaknya harus mencapai skor 85 - 100.

Cara mengecek kecepatan loading blog di Google Pagespeed Insights :

  1. Kunjungi Google Pagespeed Insights
  2. Masukan url blog/web anda pada kolom yang telah tersedia dan klik "Analisa.

2. gtmetrik.com :

Di gtmetrik, anda bisa mengecek kecepatan blog atau website anda yang akan dinilai dengan presentase sampai 100%. Jika hasil cek kecepatan blog/website anda dibawah 70% itu bisa dikatakan lambat. Anda bisa menggunakan tool ini, untuk mengecek 20 kali saja.

Cara cek kecepatan loading blog di gtmetrix.com :

  1. Kunjungi Gtmetrix
  2. Lalu, masukan url blog atau website anda pada kolom yang telah tersedia dan klik "Analyze"
  3. Dan lihatlah hasil cek kecepatan blog atau website. 

3. Pingdom Website Speed Test (Pingdom Tool) :

Pingdom tool ini tidak jauh berbeda dengan Gtmetrik. Namun, bedanya di pingdom tool ini tidak ada batasan kita mengecek speed blog, tidak seperti Gtmetrik hanya 20 kali. Dan ada juga fitur khusus pingdom, dimana kita dapat untuk memilih ingin mengetest menggunakan server Amsterdam, Dallas, atau New York.

Cara cek speed loading blog di Pingdom Website Speed Test (Pingdom Tool) :

  1. Kunjungi Pingdom Tools
  2. Masukan url blog/web anda dan pilihlah server yang digunakan untuk mengetes loading blog atau website anda.
  3. Terakhir, klik "Start Test".

nah.. itu tadi adalah tutorial cara cek dan mengetahui berapa skor kecepatan loading blog atau website. Semoga bisa membantu dan bisa bermanfaat.
Kang Wafiq
Kang Wafiq Saya adalah seorang mahasiswa gabut dan yang suka otak-atik gadget dan internet.

Post a Comment for "Cara Mengecek Dan Mengetahui Kecepatan Loading Blog (Website) Anda"