Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hal-Hal Yang Perlu Dilakukan Setelah Membuat Blog Baru

Banyak dari blogger pemula yang bingung harus ngapain setelah dia membuat blog. Pertanyaan yang sering muncul di benak para blogger pemula adalah "apa yang harus saya lakukan setelah blog saya jadi?", bahkan dulu saya juga sempat bertanya seperti itu ketika saya pertamakali membuat blog.

bagi kalian yang ingin serius dalam bidang blogging dan ingin sukses lewat blog, kalian harus melakukan hal-hal berikut untuk blog kalian.

1. Mengubah atau mendesain template blog kalian sesuai selera dan topik blog

saat membuat blog pertama kali, blog kalian pasti sudah menggunakan template bawaan. Walupun templat blog bawaan sebenarnya terhitung ringan, tapi template blog bawaan memiliki tampilan yang kurang menarik dan kurang SEO Frendly.

Oleh sebab itu, kalian harus mengubah dan mendesain ulang template kalian. tapi sebelum itu kalian harus memiliki template blog yang menarik, responsive, seo frendly, dan fast loading agar disukai pengunjung dan mendapatkan tempat terbaik di google. kalian bisa mencari template blog gratis ataupun yang berbayar (premium) di situs penyedia template seperti Arlina design, Goyabi template, Sugeng.id, atau kalian bisa download Template Blogger SEO Friendly dan Responsive gratis disini

2. Memasang widget blog

Widget adalah salah satu properti blog yang bisa menarik pengunjung untuk lebih lama dan betah di blog kalian, karena disana kalian bisa menampilkan artikel populer, arsip, label, related post, daftar isi, dll. Hal ini bertujuan agar memudahkan para pengunjung blog anda berjelajah di blog kalian.

Lanjut Baca : Cara memasang Favicon Di Blogger

3. Memperkenalkan blog ke mesin telusur

Sebuah blog baru tentunya harus terindeks oleh google agar dapat mendatangkan banyak pengunjung. Karena, jika blog tidak terindeks google maka blog kalian akan sepi pengunjung.

Oleh sebab itu, kalian bisa mendaftarkan blog kalian ke google webmaster agar lebih cepat terindeks oleh google dan cepat dikerumuni banyak pengunjung.

4. Membuat artikel blog yang berkualitas

Bagian ini adalah bagian yang paling sulit, kenapa saya bilang sulit?, karen dalam tahap ini banyak blogger pemula yang kesulitan dan akhitnya memilih untuk melakukan jalan pintas yaitu copas dan cara-cara lain yang tidak sehat untuk mendapatkan artikel. Percayalah cara seperti itu akan berdampak buruk bagi blog kalian, dan bahkan bisa jadi dapat menyebabkan blog kalian dihapus oleh Google.

Maka dari itu, tulislah artikel sendiri dan yang berkualitas. Artikel blog yang berkualitas itu isinya unik, menarik, mudah dipahami, dan dicari oleh banyak orang, dan yang pasti bukan hasil copas dari blog lain. Jika blog kalian berisi artikel berkualitas, maka blog kalian dan artikelnya disukai google dan tidak menutup kemungkinan akan tampil di halaman pertama google.

5. Meningkatkan SEO Blog

Dalam dunia blogging, pasti tidak akan lepas dari yang namanya SEO (Search Engine Optimization). Ilmu SEO sangat wajib untuk dipelajari agar blog kita mampu bersaing dengan blog lain dan itu merupakan salah satu syarat menjadi blogger sukses.

Salah satu kegunaan SEO adalah untuk mengoptimalkan pencarian blog kita agar dapat bersaing dengan blog lain untuk tampil di halaman pertama google. Apabila blog kita bisa tampil di halaman pertama google, tentu saja hal ini akan membuat blog kalian kebanjiran pengunjung dan membuat blog terkenal.

Baca juga : Cara memasng meta description artikel dan blog

6. Mempromosikan Blog dan Artikel Blog

Banyak sekali cara untuk mempromosikan blog kita baik itu secara maual ataupun dengan cara mengiklankan blog kita. jika kalian ingin melakukan secara manual kalian bisa share blog maupun artikel kalian ke sosial media seperti facebook, twitter, google+ dll. Dan jika kalian ingin mengiklankan blog kalian, maka kalian bisa mengilankan blog kalian melalui Adword atupun mengiklankan blog kalian di blig lain yang terkenel. tentu saja cara yang kedua tadi membuhkan biaya yang tidak murah.

Kesimpulan

Dari uraian diatas tentang hal-hal yang harus dilakukan setelah membuat blog yang telah saya jelaskan, sangat perlu dilakukan untuk perkembangan blog kalian.

Apabila kalian mempunyai tujuan agar blognya banyak pengunjung dan bisa menjadi blogger sukses, maka kalian harus menerapkan langkah-langkah di atas setelah membuat blog.

Apabila masih ada yang kurang jelas dan masih belum faham, silahkan tulis di kolom komentar.
Kang Wafiq
Kang Wafiq Saya adalah seorang mahasiswa gabut dan yang suka otak-atik gadget dan internet.

Post a Comment for "Hal-Hal Yang Perlu Dilakukan Setelah Membuat Blog Baru"